Dasar Dasar dan Pengenalan Bahasa Pemograman PHP

Dasar-dasar dan Pengenalan Bahasa Pemograman PHP

Kegunaan Praktis dari PHP ini hampir berjalan tanpa mengatakan bahwa Anda akan menginginkan situs web bisnis Anda menarik, interaktif, dan aman. Semua karakteristik ini akan membuat situs Anda lebih efektif dalam menghadirkan dan mempertahankan pelanggan. Tapi bagaimana cara melakukannya dengan cara yang stabil, hemat biaya, dan mudah dikelola? Salah satu solusi yang populer adalah dengan menggunakan bahasa script sisi server PHP untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Apa itu PHP ?
Dibuat pada tahun 1995, PHP awalnya berdiri untuk "Personal Home Page", namun sekarang umumnya dipahami sebagai "PHP: Hypertext Preprocessor". Ini pada awalnya dirancang untuk menciptakan halaman web dinamis atau lebih interaktif. Ini adalah bahasa scripting tujuan umum open-source yang umum digunakan. PHP adalah bahasa "tingkat tinggi", yang berarti bahwa pada umumnya lebih ramah manusia (dan lebih mudah dipelajari) daripada bahasa pemrograman lainnya seperti C, ASP atau ASP.net.

PHP awalnya dirancang untuk digunakan dalam pengembangan situs Web, namun dengan cepat berkembang menjadi bahasa yang jauh lebih kuat. Penggunaan utama PHP adalah sebagai bahasa script "embedded", yang berarti kode PHP sebenarnya tertanam dalam kode HTML. Bila digunakan dengan cara ini, PHP memungkinkan server web Anda memproses halaman web sebelum ditampilkan di browser web pengguna.

Manfaat PHP
  • PHP sangat populer karena bisa langsung disematkan ke dalam HTML coding.
  • PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi utama dan didukung pada sebagian besar server web.
  • Fokus utama PHP adalah pengembangan web, sehingga memiliki waktu pengembangan yang cepat dan bisa menyelesaikan skenario lebih cepat daripada beberapa bahasa desain web lainnya.
  • Versi terbaru PHP adalah bahasa yang sangat stabil dan matang yang digunakan untuk pemrograman web seperti Java dan Microsoft C #.
  • Ini adalah open source sehingga gratis!
  • Database: Sangat mudah untuk menulis skrip sederhana yang memungkinkan situs Web Anda berinteraksi dengan database.
  • Cross-Platform: Baik mesin PHP dan kode PHP dapat digunakan di hampir semua platform, membuatnya sangat serbaguna.
  • Alat Pengembangan: Anda hanya memerlukan editor teks untuk mengerjakan PHP; Anda tidak memerlukan lingkungan pengembangan atau kompiler.
Apa yang bisa anda lakukan dengan PHP ?
PHP umumnya berjalan di server web, mengambil kode PHP sebagai masukan dan membuat halaman Web sebagai output, namun Anda juga dapat menggunakannya untuk skrip baris perintah dan aplikasi GUI sisi klien. PHP adalah bahasa yang sangat serbaguna yang memungkinkan Anda membuat situs web high-end dan stabil dengan banyak lonceng dan peluit. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan PHP:
  • Buat Formulir Web HTML
  • Simpan Informasi di Database
  • Ingat pengunjung situs web (cookies dan sesi)
  • Bekerja dengan Array
  • Bekerja dengan File (File Management and downloads)
  • Parsing dan Generating XML (juga berguna untuk produk dalam jumlah besar pada e-commerce)
  • Periksa browser yang pengunjung Anda gunakan
Bagaimana cara kerja PHP ?
Seperti namanya ("PHP: Hypertext Preprocessor") mengemukakan, PHP memperoleh kekuatannya dengan "preprocessing" hypertext di sisi server. Ini umumnya berarti bahwa ketika skrip PHP (disimpan sebagai file .php) berjalan di server web Anda, ia melakukan tindakan terprogram, dan mengembalikan kode HTML yang kemudian akan dikirim kembali ke browser web pelanggan Anda. Script PHP itu sendiri tidak termasuk dalam HTML yang dikirim ke browser, jadi kode PHP tidak terlihat dan aman bagi pengguna.

Sebagai contoh, mari kita pertimbangkan pernyataan PHP sederhana berikut ini. (Contoh ini hanya untuk menunjukkan sintaks dasar PHP dalam tindakan. Setiap diskusi rinci tentang kode PHP berada di luar cakupan artikel ini.)

Dalam pernyataan ini, HTML biasa yang dikirimkan ke browser pengguna. Pernyataan PHP itu sendiri tidak dikirim ke browser, jadi pengguna tidak pernah melihat pernyataan PHP apa pun.

Menggunakan PHP untuk Meningkatkan Situs Anda.
PHP memiliki banyak fitur kemampuan yang dirancang khusus untuk digunakan di situs Web, termasuk yang berikut ini:

1. Securing Your Website.
PHP dapat digunakan untuk mengamankan situs Anda (atau area tertentu dari situs Anda) sehingga pelanggan Anda harus memasukkan username dan password yang valid. Ini dapat digunakan untuk memberi penghargaan pada pelanggan pilihan dan untuk membangun komponen "keanggotaan" eksklusif dari bisnis Anda.

2. Working dengan Formulir Web.
PHP dapat menampilkan formulir HTML dan memproses informasi yang dimasukkan pengguna. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda dengan meminta mereka memberikan informasi profil, dan untuk mengumpulkan informasi tentang minat khusus mereka.

3. Berkomunikasi dengan Database Anda.
PHP sangat mahir dalam berinteraksi dengan database Anda, dan menyimpan informasi dari pengguna atau mengambil informasi yang ditampilkan kepada pengguna. PHP menangani koneksi ke database dan berkomunikasi dengannya, jadi tidak perlu mengetahui semua detail teknis untuk menghubungkan atau bertukar pesan dengan database. Anda tahu PHP nama database dan di mana itu, dan PHP menangani rinciannya. Semua database utama saat ini didukung oleh PHP.

4. Fungsi Loyalitas Pelanggan.
Anda juga dapat menggunakan PHP untuk membuat sejumlah fungsi berbeda di situs web Anda yang selanjutnya akan membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, termasuk jajak pendapat interaktif, buku tamu, dan papan pesan.

Popularitas PHP terus berkembang pesat karena memiliki banyak keunggulan dibanding solusi teknis lainnya. PHP cepat (karena tertanam dalam kode HTML, waktu untuk memproses dan memuat halaman Web relatif singkat), PHP gratis (ini adalah perangkat lunak open-source), dan PHP serba guna (berjalan dengan berbagai macam sistem operasi, termasuk Windows, Mac OS, Linux, dan sebagian besar varian Unix).

Mungkin yang terpenting, PHP adalah bahasa yang sangat mapan. Ada banyak komunitas pengguna yang menjalankan internet yang menyediakan informasi dan skrip dalam jumlah sangat besar. Dengan begitu banyak pengalaman di baliknya, menggunakan PHP untuk fitur dinamis tertentu bisa menjadi cara yang hemat biaya dan mudah untuk meningkatkan kestabilan situs web Anda.

Comments